| Home | Who is Nunu | Nunu's CV | Portfolio | Award | How to buy | Ebook & Kursus | Confirmation | Forum | Article | Contact Me |

 
 
Article
IKLAN TV YANG BAGUS
Anak bungsu saya yang baru lulus SMP, punya pendapat sendiri mengenai iklan yang bagus (hehe, secara ibunya orang iklan gitu loh?! anaknya pun ikut2an perhatiin iklan!).

"Kalau menurut aku mah, iklan yang bagus tuh malah iklannya perment Mintz! Soalnya iklan yang bagus kan yang mudah diinget?! Udah begitu, temanku banyak yang beli, buat ejek-ejekan di sekolah...tapi kan yang penting beli?!"

Hahahahaaaa...ada betulnya juga nih anak!

Sebagai orang kreatif, saya udah terbiasa menggunakan formula SPURS untuk menilai apakah suatu ide kreatif itu layak eksekusi atu tidak. Padahal, buat client, yang penting iklan itu efektif atau tidak: mencapai tujuanya atau tidak. Dan untuk kategori produk seperti permen yang notabene konsumennya hampir ngga punya loyalty, iklan yang efektif ya yang menjual.

So my son got the point.

iklan bagus, iklan jelek, semua berpulang pada tujuan akhir pembuatan iklan itu sendiri: sudahkah ia mencapai tujuannya?!
 
Jurus ‘Mencuri’ Perhatian Para Creative Director
Kamu udah ngirim banyak lamaran tapi gak dipanggil-panggil juga..?  Why oh why...apa yang salah dalam surat lamarankyu..??!! (gitu kali dalam hati loe)
Nah, Kalo kamu  mau jadi org kreatif, ya tunjukkan dooong...sejak awal ...banget, kalau kamu emang kreatif!

How?

Cekdisot!

Kamu kudu bikin:
- surat lamaran yg kreatif
- CV yg kreatif
- portfolio yg merefleksikan kemampuan kamu

surat lamaran yg kreatif, yg kayak apa...?

Jaman sekarang khan jaman internet ya?  Jadi ngelamar jangan pake surat/hard copy...it's so jadul & will give you the image of a jadul person....sueeer...!!  Gw kalo nerima surat lamaran hard copy (apalagi pake perangko) cuma senyam senyum doank sambil bergumam: hareee geneee masih pakai pos???  Kemane aje nih anak..?!!

So, buatlah lamaran dengan email, dg SUBYEK YG MENARIK perhatian.  Apalagi kalau kamu melamar jadi copywiter!  Di tahap awal inilah kamu sudah mulai bisa show off sehebat apa your wording power and creativity!

Mau contoh?  beberapa calon copywriterku pernah membuat subject sbg berikut:
- an UI student found dead in...(bla bla bla...aku lupa)
- siap bertugas,grak!

dengan subyek yg 'menggelitik' seperti itu, membuat seorang CD jadi gatel pengen buka email.  Ingat: CD itu org sibuk, kadang ada yg cuek, ada yg males, apalagi kalo tahu itu surat lamaran...  Nah, maka kamu perlu 'menarik perhatian' dia dengan judul subyek yg menarik...

Setelah itu, jangan lupa membuat resume/CV yang kreatif,  mau contoh?

Buat CV dgn tema tertentu, misalnya, tema militer.  Lamaran yg bersubyek 'siap bertugas,grak!' tadi menyertakan CV dgn tema militer.  Jadi, sangat terintegrasi.  Ya lamaranya, ya CV nya.

Ada juga yg bertema fiksi, bahkan ada yg bertema techno (CV nya sengaja dibuat sedemikian rupa seolah2 merupakan petunjuk pemakaian suatu barang elektronika).  Cute bukan?

Kamu harus mencari tema yang sesuai dengan karaktermu, lalu mengaplikasikanya dalam CV maupun surat lamaran.  Kalau temanya 'militer', maka image yang didapat ya: orang nya tegas, sigap, disiplin...

Portfolio

Dalam menilai portfolio seorang calon  copywriter, sebenarnya yg penting dinilai adalah kreativitas dan wording powet.  Masalah konsep, masih bisa ditolerir..
Tapi kalau seorang copywriter senior, baru deh kemampuan dalam membuat konsep menjadi pertimbangan utama.

portfolio seorang copywriter sebenarnya cukup dgn script!!  Naskah!!  Kaga perlu gambar... enak khan?!!

saranku: pilihlah membuat naskah iklan dari  brand yg sudah terkenal, sehingga kamu hanya fokus pada mencari ide, membuat judul yg menarik,  dst.  yang bisa memperlihatkan kekuatanmu dalam berkreasi dan atau mencipta kata-kata yg indah.

Sooo.... met mencobaaa!!
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

Hasil 1 - 12 dari 131

 
© 2007 - 2017 Modern School of Copywriting