| Home | Who is Nunu | Nunu's CV | Portfolio | Award | How to buy | Ebook & Kursus | Confirmation | Forum | Article | Contact Me |

 
 
Article
RADIO COMMERCIAL: CRAFTING & PRODUCTION

Kemarin saya habiskan waktu seharian di Studio 25, salah satu rumah produksi untuk iklan-iklan radio.  Di sana, saya berjumpa dengan mas Tri, si pemilik.  Lama tak bersua, kami ngobrol banyak tentang spot radio.  Dari obrolan itu, saya sadar begitu banyak sisi pembuatan iklan radio yang belum diketahui oleh khalayak ramai.  Jangankan masyarakat umum ding, wong para mahasiswa periklanan pun saya ragu apakah mereka pernah dikenalkan pada proses produksi radio, kok???

 

Di sana saya juga berjumpa dengan Nanu, produser khusus iklan radio yang dulunya bekerja di Lowe namun kini lebih menikmati hari-harinya sebagai seorang freelancer.  Kami ngobrol tentang betapa terbatasnya sumber daya manusia di bidang ini, terutama yang sangat mengganggu saya adalah voice talent-nya.  Saya benci ketika mendengarkan iklan radio tapi suaranya si itu, ituuuuuu…. Saja.  Huh.  Sampai-sampai semua FVO di hampir setiap iklan terdengar seragam: manis, muda, ceria.  Sulit sekali menemukan talent professional dengan suara yang berkarakter!

 

Kalo difikir-fikir.. mereka yang berkecimpung di dunia ini pun kayaknya itu-ituuuu… juga orangnya.  Fenomena apa ini?  Kurangnya regenerasi?  Kesenjangan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja?  Wah, kayaknya itu harus dijembatani deh.  Sebab saya yakin kok banyak sekali talenta di luaran sana yang bertebaran menanti untuk ditemukan!  Sekarang, bagaimana cara menjembataninya?

 

Akhirnya saya dorong mereka untuk menulis buku tentang keahlian mereka.  Saat itu sih tampaknya… mereka oke-oke saja.  Mudah-mudahan bisa terlaksana.  Nanti saya juga akan sediakan forum/kelas khusus untuk membahas masalah iklan radio ini!  Hmmm… mudah-mudahan postingan ini bisa menambah semangat mas Tri dan Nanu ya?  Agar mau sharing ilmu mereka?

 
RALAT, KRITIK & SARAN DR PEMBELI BUKU "HOW 2B GOOD CW"

Beberapa pembeli buku saya, telah sangat berbaik hati untuk mengirimkan kritik dan saran mereka.  Saya posting di sini, supaya yang lain mafhum bahwa di buku tsb. memang masih banyak sekali kesalahan yang disebabkan oleh sifat buruk saya yang suka ngga teliti.  Kalau kata Arie, saya butuh editor.  Itu benar.

Ralat Afi dari Banyumas berikut tentang iklan Rolls Royce, juga benar.  Bahwa Ogilvy membuat headline yang menggemparkan itu untuk Rolls Royce.  Terimakasih banyak buat Arie dan Afi. 

Sayangnya, mereka ngga ngirim foto, jadi saya kasih saja ilustrasi tentang "kritik". 

Dari Afi, Banyumas:

<em>Assalamualaikum...

Apakabar, Mba Nunu?
Saya sudah download ebook HowToBecomeAGoodCopywriter-nya mba Nunu. It's a great book about copywriting, Mba. Setelah membaca, saya jadi tambah jatuh cinta dengan copywriting. Dan semakin berhasrat untuk terjun bebas menjadi copywriter, secepatnya.

Ow ya, Mba. Mungkin ada beberapa hal yang kurang pas, nyasar di buku tsb. Seperti daftar isi yang kurang rapi, typo yang cukup mengganggu seperti; 'herbolik' yang mungkin maksudnya 'hiperbolik' (hal.27, alinea ke-4, baris pertama). Trus di hal.26 juga ada informasi yang janggal bagi saya, bukankah iklan legendaris Ogilvy tsb, dibuat untuk Rolls-Royce?


Tapi, buku Mba Nunu memang keren abiz, euy. Moga2 bisa segera meluncurkan buku berikutnya. Tentu saja tentang copywriting, tapi dengan pembahasan lebih spesifik dan praktis. </em>

Terimakasih...

Berikut dari Arie, Surabaya:

<em>Mbak Nunu, aku dah terima e-book-nya 

Mantap mbak, gaya menulisnya juga ngalir. Meski saya baru baca sekilas, tapi yang saya cerna dari buku itu: JADI COPYWRITER ITU GAMPANG...hehehe, jadi inget sama bukunya Arswendo MENULIS ITU GAMPANG!

Mmmm...boleh saya kasih saran, Mbak?

Sangat disayangkan masih terdapat kata ataupun kalimat yang masih tidak baku, dan salah ejaan. Kalau saja poin ini diperhatikan, bisa jadi buku ini bisa dijadikan referensi resmi di dunia pendidikan ataupun di dunia advertising itu sendiri. Konten dari buku ini layak kok untuk dijadikan referensi, di tengah minimnya buku-buku yang membahas mengenai profesi ini di Indonesia.

Saya membayangkan buku ini ini setara dengan buku-bukunya Rhenald Kasali yang lebih banyak menyoroti sisi manajemen advertising. Cuman bukunya Mbak Nunu dari sisi kreatifnya...hehehehe.

Ini hanya masukan dari saya pribadi ya, Mbak. Maklumlah, saya seorang editor, jadi ada rasa "mengganjal" saat membaca buku, Mbak Nunu. Untuk kontennya OK banget kok, Mbak. Saya suka dengan buku-buku yang memakai contoh kasus dan pengalaman pribadi secara profesional dalam memaparkan tema tulisannya.


rgds,
arie</em>

Wah, saya sungguh beruntung memiliki banyak teman yang mau menyempurnakan... buat Arie dan Afie, saya berikan eBook "Blog Profits Blue Print" secara gratis.  Silahkan donlod...

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

Hasil 73 - 84 dari 131

 
© 2007 - 2017 Modern School of Copywriting