| Home | Who is Nunu | Nunu's CV | Portfolio | Award | How to buy | Ebook & Kursus | Confirmation | Forum | Article | Contact Me |

 
 
Article
MENGAPA COPYWRITER DIBAYAR MAHAL?

Sewaktu masih jadi freelancer di Surabaya, ada satu Production House yang ‘menjerit’ kalau ditawari copywriter.  Apa pasal? 

“Mahaaal… jangan copywriter!  Penulis biasa ajaa…!”

Hihihi… jadi gitu ya?  Image copywriter tuh = mahal???

Tapi… kalo difikir-fikir sih bener juga ya?

 

Selain sebagai copywriter, saya juga suka menulis fiksi, komik, dan puisi.  Nah.  Pada tahun 90 an, honor cerpen saya yang dimuat di Femina (bukan majalah sembarangan lho?) hanya Rp 130 000,-, dikirim via wesel (kunonya????).  itu pun baru dimuat setelah 1 tahun saya kirim (sampai saya sendiri lupa pernah ngirim kok).

Pada saat yang sama, saya membantu teman membuat judul (hanya membuat JUDUL DOANG loh?), yang saya kerjakan selama 15 menit, saya dibayar Rp 200 000,-  Haaaa???

Lihat dong, perbedaanya?!

 

Kenapa dong, kok harga copywriting itu mahal?  Mungkin karena ini:

Penulis cerpen adalah penulis idealis yang menulis menurut kata hatinya, tanpa tekanan.  Tanpa tuntutan.  Cerpen adalah murni kreativitas, seenak udelnya!  Nulis sampai puas.

Sementara penulis naskah iklan adalah penulis PROFESIONAL yang dibayar.  Dia harus menulis sesuatu sesuai pesanan, dalam tempo waktu tertentu yang telah ditetapkan (deadline), dan tetap harus kreatif!  Nah lho.  Itu yang susah???

So… no wonder ya copywriter itu nahal???!! 

Soalnya, dibayar untuk TAHAN STRES sih!  Hihihihi…

 
SCRIPT RADIO KEREN

Radio ini ditulis Tony Hertz.

JUDUL: “Pendidikan Kesehatan Departemen Bunuh Diri”

 

Pejabat             : Ada yang bisa saya Bantu?

Pemohon          : Oh ya, saya ingin bunuh diri

Pejabat             : Baik. Anda tertarik dengan cara yang dramatis?  Kami bisa menyediakan kesempatan di jembatan Forth…

Pemohon          : Wah, jangan.  Saya takut ketinggian

Pejabat             :   Oh.  Bagaimana dengan gas kompor?

Pemohon          : Ngga bisa, rumah saya pake kompor listrik.

Pejabat             : Sayang sekali.  Bagaimana dengan penggunaan obat melebihi dosis?  Ini cepat dan rapi

Pemohon          : Sebenarnya sih… saya ngga buru-buru…

Pejabat             : Oh, mengapa tidak bilang dari tadi?  Kami punya satu cara jitu.  Anda cukup menghisap…

Pemohon          : maksudnya, rokok?

Pejabat             : Betul.  Ini cara yang sangat alamiah, perlahan, murah.  Anda juga bisa membuat orang lain merasa tak nyaman, serta anda dapat meninggalkan kehidupan dengan banyak cara..

Pemohon          : begitu ya?

Pejabat             : Ya. Kanker tenggorokan, kanker paru-paru, sesak nafas, sakit jantung..

Pemohon          : Bagus sekali.  Terimakasih banyak!

Pejabat             : Semua ini sudah bagian dari pelayanan kami.  NAmun ada satu hal yang harus anda ingat, proses ini makan waktu dan ada kemungkinan anda tetap hidup…

Pemohon          : Tak apa-apa.  Saya coba saja.  Bisa pinjam korek api?

Pejabat             : Silahkan…

SFX                 : PEMANTIK API DINYALAKAN

Pemohon          : Terimakasih..(MENARIK NAFAS) Oh…kesehatan saya langsung terasa memburuk… (BATUK2)

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

Hasil 85 - 96 dari 131

 
© 2007 - 2017 Modern School of Copywriting